Thursday, June 30, 2011

Mari Mengenal dan Belajar CSS 3

Oke langsung saja, saya juga masih kurang paham tentang CSS 3 ini, apa-apa saja yang berubah dari bahasa pemrograman desain web ini, untuk itu kita bahas bersama-sama.

Dari yang saya amati dari webnya http://www.w3.org/TR/CSS/#css3, memang tidak banyak dijelaskan, namun sudah cukup sedikit memberikan gambaran tentang apa itu CSS 3. Dalam halaman web-nya dijelaskan bahwa CSS 3 merupakan pengembangan dari CSS 2, dimana core atau inti dari CSS 2 ini digunakan pada CSS 3. Pada level CSS 3 ini akan ditambahkan fungsionalitas dan / atau mengganti bagian dari spesifikasi CSS 2.1. Tentu penambahan atau penggantian fungsionalitas ini tidak akan menghapus spesifikasi CSS 2 secara keseluruhan ataupun beberapa bagian yang tidak sama pada spesifikasi sebelumnya. Tapi tentu saja teknologi CSS 3 ini masih dalam tahap pengembangan, namun ada beberapa browser yang sudah mendukung format untuk penulisan CSS 3 pada halaman webnya.

Bicara soal "Pengembangan" tentu ada fitur atau fungsionalitas baru yang ditambahkan pada objek yang dikembangkan, dalam hal ini CSS 3. Berikut beberapa fitur yang terdapat pada CSS 3 yang saya kutip dari wikipedia :
  • animasi. Jika sebelumnya penambahan animasi masih membutuhkan aplikasi pihak ke-3 seperti adobe flash dan microsoft silverlight, pada CSS 3 mungkin tidak lagi membutuhkan ke-2 aplikasi tersebut.
  • beberapa efek teks, seperti teks berbayang (inggrisnya text shadow barang kali ^^), kolom koran, dan "word-wrap"
  • jenis huruf eksternal, sehingga dapat menggunakan huruf yang tidak termasuk "web safe fonts", disini berarti kita dapat menggunakan font selain yang menjadi standar web, tentunya ini akan menjadi sangat menarik jika pada halaman web kita, kita bebas menentukan jenis font yang akan kita gunakan ^^
  • beberapa efek pada kotak, seperti kotak yang ukurannya dapat diubah-ubah, transformasi 2 dimensi dan 3 dimensi, sudut-sudut yang tumpul dan bayangan.

Itu beberapa fitur yang dijelaskan pada wikipedia, menurut saya tentu masih terdapat banyak hal lain yang belum kita ketahui tentang fitur-fitur dan kehebatan dari CSS 3 ini, mungkin teman-teman bisa search sendiri nanti. Saya akan memberikan contoh dari demo animasi CSS 3, silakan kunjungi ke web ini : http://webdesignerwall.com/trends/47-amazing-css3-animation-demos (maaf ya ini bukan link, jadi silakan di-copas ^^).

Sementara ini dulu pengenalan dari CSS 3, jika nanti saya menemukan cerita baru (wuih kayak apa aja), saya akan meng-update postingan ini.


Sekian dulu, semoga bermanfaat, inggrisnya I hope this is helpfull for you,

Salam IT,

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

 

Free Download Copyright © 2009