Friday, August 26, 2011

4 Tips Pasca Twitter Dibajak

Teman-teman Twitter Anda tiba-tiba protes karena dikirimi pesan berbau promosi dari akun yang Anda miliki. Promosi obat diet, video 'aneh' atau link ke foto 'mencurigakan'.

Nah, inilah tanda-tanda bahwa akun Anda dibajak dan dijadikan akun pengirim spam. Berikut, langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan jika kasus di atas menimpa Anda seperti yang dikutip detikINET dariHuffingtonPost, Jumat (25/8/2011):

1. Ubah password
Setelah mengetahui bahwa akun Twitter dibajak, segera ubah password Anda. Pengubahan password bisa dilakukan melalui menu dropdown yang ada di pojok kanan Twitter. Klik Settings dan masuk ke tab Password.

2. Matikan semua akses
Matikan akses ke semua aplikasi pihak ketiga yang terlihat mencurigakan. Penghentian akses ini bisa dilakukan melalui tab "Applications" di halaman "Settings".

3. Update password baru di aplikasi pihak ketiga
Jika pengguna sudah mengganti passwordnya dengan yang baru, maka ia harus mengupdate juga passwordnya di aplikasi pihak ketiga seperti Instagram atau Twitter for iPhone. Jika hal ini tidak dilakukan maka ia tidak bisa memasuki aplikasi ini karena percobaan login yang gagal.

4. Menghapus semua tweet dan DM
Pengguna dianjurkan untuk menghapus semua tweet dan Direct Messages (DM) yang dibuat selagi akunnya dibajak.

Agar tidak mengalami pembajakan akun yang terjadi karena upaya pihak ketiga yang ingin untuk mencuri informasi login, maka pengguna Twitter dianjurkan untuk melakukan beberapa pencegahan seperti:

- Berhati-hati terhadap link mencurigakan di mana ujung-ujungnya mengarah pada program jahat. Alasan inilah yang mendasari Twitter membuat link penyingkat untuk situsnya (t.co).

- Pengguna juga sebaiknya waspada saat akan memasukkan password di situs serta aplikasi pihak ketiga. Para phisher biasanya membuat situs abal-abal yang mirip aslinya untuk mengecoh orang-orang agar memberikan info pribadi.

dikutip dari detikinet semoga bermanfaat

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

 

Free Download Copyright © 2009