Wednesday, September 14, 2011

Komputer Pintar Beritahukan Rasa Sakit

Pernahkah terpikir bahwa komputer bisa memberitahukan rasa sakit? Jika bisa berbicara, mungkin perangkat ini akan menginformasikannya kepada kita. Tahukah Anda, ternyata hal ini memang bisa terjadi.

Para peneliti di Amerika Serikat (AS) melakukan sebuah uji coba. Hasilnya, komputer bisa ngomong ketika seseorang sakit karena telah dilatih secara khusus untuk melakukannya.

Dilansir Reuters ilmuwan di Stanford University di California, AS menggunakan software pembelajaran untuk mengelompokkan data yang dihasilkan dari hasil pemindaian otak dan mendeteksi ketika seseorang merasa sakit.

"Pertanyaan yang coba kami jawab adalah, bisakah kita menggunakan alat pencitraan untuk mendeteksi secara objektif apakah seseorang sedang dalam keadaan sakit atau tidak. Jawabannya, bisa," kata Sean Mackey yang memimpin studi ini.

Saat ini, kebanyakan dokter bergantung pada jawaban dari si pasien itu sendiri untuk menentukan apakah mereka sakit atau tidak. Padahal terkadang ada pasien tertentu seperti anak-anak, manula atau yang menderita demensia tidak bisa memberitahukan rasa sakit yang dideritanya. Dengan komputer ini, rasa sakit yang luput dari diganosa dokter pun dapat diketahui dengan mudah.

"Kami sangat berharap teknologi ini bisa menampilkan hasil deteksi penyakit yang lebih baik sehingga bisa memberikan perawatan yang lebih baik bagi penyakit kronis," kata Mackey.

dikutip dari detikinet semoga bermanfaat

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

 

Free Download Copyright © 2009