Wednesday, February 2, 2011

Komputer Harus Didesain Ulang Secara Radikal

Seorang peneliti dari Universitas Maryland berpendapat, penggunaan prosesor multicore yang marak di industri IT perlu pemikiran baru yang radikal untuk merancang ulang arsitektur komputer yang telah digunakan selama lebih dari 50 tahun.



Uzi Vishkin, seorang profesor di Universitas Maryland Institute untuk studi computer advanced menyatakan, pergeseran yang terjadi secara dramatis dari system komputer prosesor tunggal menjadi parallel dengan banyak prosesor, memerlukan pembaruan dalam ilmu computer untuk membangun dan memprogram sistem baru.



Vishkin bahkan menawarkan abstraksi arsitektur baru yang ia sebut ICE (Immediate Concurrent Execution), yang dikembangkan dengan dana berasal dari US National Science Foundation.



Arsitektur dasar komputer yang kini digunakan, berbasis pada konsep yang diajukan oleh ahli matematika bernama John Von Neumann pada tahun 1940. Pada arsitektur ini, data dan program disimpan dalam memori komputer kemudian diumpankan pada CPU. Program dieksekusi menggunakan counter program, dengan memasok CPU alamat dan instruksi berikutnya dari memori untuk dieksekusi.



Pendekatan ini disebut Vishkin dengan komputasi serial, yang memiliki keterbatasan hanya memungkinkan satu instruksi dieksekusi dalam satu waktu. Vishkin berpendapat, batas ini harusnya sudah hilang di zaman prosesor multicore dengan memory tersedia dalam jumlah besar. Sebaliknya, beberapa instruksi harus dapat dilaksanakan lebih cepat secara paralel, semua pada waktu yang sama dan dalam satu langkah.



Alternatif dari Vishkin berbeda dari arsitektur Von Neumann yang memungkinkan sejumlah instruksi tak terbatas dapat dieksekusi pada saat bersamaan, yang sangat bermanfaat dalam penyederhanaan masalah bagi programer.



Vishkin menyatakan, diperlukan perubahan dalam desain hardware agar pendekatan baru dapat beroperasi. Prosesor harus memiliki bandwith tinggi, serta jalur dengan low-latency antara prosesor dan memory. Hardware harus memiliki core prosesor tunggal untuk mengendalikan seluruh core lain. Kode serial dapat dieksekusi oleh core prosesor dan bila terdapat instruksi tambahan, prosesor utama dapat menyebar instruksi pada core yang lain.



Vishkin memiliki enam paten teknologi dan tim peneliti telah membangun prototipe hadware untuk menjalankan abstraksi ICE.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

 

Free Download Copyright © 2009